xnething

smarthome

Smarthome adalah perangkat yang terhubung ke internet untuk memungkinkan pemantauan jarak jauh dan pengelolaan peralatan dan sistem, seperti pencahayaan dan pemanasan.

Teknologi smarthome, juga sering disebut sebagai otomatisasi rumah atau domotics (dari bahasa Latin "domus" yang berarti rumah), menyediakan keamanan pemilik rumah, kenyamanan, kemudahan dan efisiensi energi dengan memungkinkan mereka untuk mengontrol perangkat pintar, sering kali oleh aplikasi rumah pintar pada mereka smartphone atau perangkat jaringan lainnya. Sebagai bagian dari internet of things (IoT), sistem dan perangkat rumah pintar sering beroperasi bersama, berbagi data penggunaan konsumen di antara mereka sendiri dan mengotomatisasi tindakan berdasarkan preferensi pemilik rumah.

Sinyal dari Smarthome ini menyampaikan perintah ke perangkat yang sesuai, mengontrol bagaimana dan kapan perangkat beroperasi. Pemancar dapat, misalnya, mengirim sinyal sepanjang kabel listrik rumah, memberi tahu perangkat untuk dihidupkan pada waktu tertentu.

Contoh teknologi rumah pintar

Hampir setiap aspek kehidupan di mana teknologi telah memasuki ruang domestik (bola lampu, mesin pencuci piring dan sebagainya) telah melihat pengenalan alternatif rumah pintar:

• Smart TV terhubung ke internet untuk mengakses konten melalui aplikasi, seperti video dan musik sesuai permintaan. Beberapa smart TV juga termasuk pengenalan suara atau gerakan.

• Selain dapat dikontrol secara remote dan disesuaikan, sistem pencahayaan pintar, seperti Hue dari Philips Lighting Holding B.V., dapat mendeteksi ketika penghuni berada di ruangan dan menyesuaikan pencahayaan sesuai kebutuhan. Bola lampu pintar juga dapat mengatur diri mereka sendiri berdasarkan ketersediaan siang hari.

• Termostat cerdas, dilengkapi dengan Wi-Fi terintegrasi, yang memungkinkan pengguna untuk menjadwalkan, memantau, dan mengontrol suhu rumah dari jarak jauh. Perangkat ini juga mempelajari perilaku pemilik rumah dan secara otomatis mengubah pengaturan untuk memberikan kenyamanan dan efisiensi maksimum kepada penghuni. Termostat cerdas juga dapat melaporkan penggunaan energi dan mengingatkan pengguna untuk mengubah filter, di antara hal-hal lainnya.

• Menggunakan kunci pintar dan pembuka pintu garasi, pengguna dapat memberikan atau menolak akses ke pengunjung. Kunci pintar juga dapat mendeteksi ketika penghuni dekat dan membuka pintu untuk mereka.

• Dengan kamera keamanan pintar, warga dapat memantau rumah mereka ketika mereka sedang pergi atau sedang berlibur. Sensor gerak cerdas juga dapat mengidentifikasi perbedaan antara penghuni, pengunjung, hewan peliharaan, dan pencuri, dan dapat memberi tahu otoritas jika perilaku yang mencurigakan terdeteksi.

• Perawatan hewan peliharaan dapat dilakukan secara otomatis dengan pengumpan yang terhubung. Houseplants dan rumput dapat disiram dengan cara menghubungkan timer.

• Peralatan dapur dari segala jenis tersedia, termasuk pembuat kopi pintar yang dapat menyeduh secangkir segar segera setelah alarm berbunyi; lemari es pintar yang melacak tanggal kedaluwarsa, membuat daftar belanja atau bahkan membuat resep berdasarkan bahan yang ada di tangan; kompor lambat dan pemanggang roti; dan, di ruang cuci, mesin cuci dan pengering.

• Monitor sistem rumah tangga dapat, misalnya, merasakan gelombang listrik dan mematikan peralatan atau merasakan kegagalan air atau pembekuan pipa dan mematikan air sehingga tidak ada banjir di ruang bawah tanah Anda.



Share to :


Tags:
Konekthing

Comments (0)

Add Comment


Related Posts

Begitu banyak ide untuk menerapkan teknologi M2M dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja, karena keterbatasan dana...

Secara sederhana, Wireless Sensor Network (WSN) adalah sekumpulan ‘node’  yang terdistribusi secara spasial untuk memantau...

Inovasi dalam bidang teknologi terkadang tidak harus sesuatu yang BARU dan BESAR. Perkembangan itu bisa...

Categories

Search Result: